Thursday, August 12, 2010

Tiket KA ke Cirebon H-5 Lebaran Habis Dipesan



Cirebon - Meskipun Hari Raya Idul Fitri masih satu bulan, namun tiket kereta api Cirebon Ekspress dan Argojati untuk pemberangkatan dari Jakarta menuju Cirebon mulai lima hari sebelum Lebaran sudah habis dipesan.

Humas PT KA Daop III Cirebon Rudi Efendi mengatakan pemesanan tiket mulai tanggal 6 hingga 10 September sudah habis terpesan dengan memberlakukan tarif batas atas.

"Meskipun pemesanannya hari ini, namun kami sudah menerapkan tarif batas atas untuk pemberangkatan selama musim mudik dan balik lebaran," kata Rudi.

Dijelaskan, tarif KA Cireks kelas Bisnis diberlakukan tarif maksimal Rp80.000 sedangkan kelas Eksekutifnya Rp100.000 dan KA Argojati yang seluruhnya kelas Eksekutif dengan harga maksimal Rp115.000.

Namun dijelaskan Rudi, pihaknya juga akan menyediakan tiket berdiri bagi penumpang yang tidak sempat memesan yaitu sebanyak 25 persen dari jumlah total kursi yang ada.

"Bagi calon penumpang yang tidak kebagian tiket duduk namun ingin berangkat pada saat keberangkan, kami sediakan tiket berdiri khusus untuk KA kelas Bisnis sekitar 20 orang setiap gerbong," katanya.

Pemberlakuan penjualan tiket secara on line, kata Rudi diharapkan dapat memudahkan para calon penumpang KA untuk mendapatkan tiket meskipun sedang berada bukan di lokasi rencana keberangkatan.

"Misalkan kita sedang ada di Cirebon kita bisa membeli tiket untuk pemberangkatan dari Jakarta maksimal satu bulan sebelum pemberangkatan," kata Rudi.

Dari 33 stasiun kereta baik yang kecil maupun besar yang ada di wilayah Daop III Cirebon, kata Rudi terdapat 7 stasiun yang melayani pemesanan tiket secara on line yaitu di Stasiun Kejaksan, Parujakan, Brebes, Arjawinangun, Haurgeulis, Babakan dan Jatibarang.

Mengenai puncak arus mudik, Rudi memperkirakan akan terjadi pada H-2 Lebaran sedangkan saat arus balik akan terjadi pada H+7.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, selain akan memberangkatkan KA dengan kapasitas gerbong maksimal, pihaknya juga telah menyiapkan tambahan dua kali jam pemberangkatan dan satu rangkaian kereta tambahan.

"Kami telah menyiapkan satu rangkaian tambahan KA Cireks bekas KA Senja Solo yang seluruhnya kelas bisnis. Mengenai jam pemberangkatan akan diberlakukan jam pemberangkatan tambahan pukul 17.00WIB dan 21.00WIB," katanya. (sumber)

0 comments:

Post a Comment

 
Cirebon Post.Com Copyright © 2010