Wednesday, August 11, 2010

Pantai Jadi Lokasi Favorit Ngabuburit



Cirebon - Sejumlah lokasi dijadikan tempat menunggu berbuka puasa atau ngabuburit. Karena merupakan daerah pesisir, sejumlah lokasi pantai pun menjadi pilihan warga Cirebon.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun sejumlah lokasi di pesisir pantai yang menjadi favorit menunggu berbuka puasa di antaranya Pantai Kesenden, Pantai Kejawanan serta Pelabuhan Cirebon.

Seperti diungkapkan Nano, warga Kota Cirebon yang sering melewatkan waktu sorenya di Pelabuhan Cirebon. "Biasanya saya mancing tiap sore di pelabuhan," katanya. Kebiasaan itu menurut Nano tidak akan berubah saat puasa dan akan terus dijalaninya.

Menurutnya, menunggu waktu berbuka sambil memancing sangat menyenangkan. "Selain angin pelabuhan yang menenangkan, menunggu pun tidak akan menjadi terasa," katanya. Setengah jam sebelum waktu berbuka, ia pun akan pulang ke rumah.

Sedangkan Sanung, warga Cangkring, Kota Cirebon, seringkali menghabiskan waktu menunggu buka puasa di Pantai Kejawanan. "Pantainya bersih, anak-anak pun bisa bermain," katanya. Ia biasa pergi bersama suami dan seorang anaknya ke pantai tersebut.

Karena menunggu puasa, Sanung pun tidak mempermasalahkan minimnya fasilitas umum di Pantai Kejawanan. "Cuma sebentar, paling lama sejam," katanya.

Setengah jam sebelum berbuka, ia pun pulang ke rumahnya. "Tapi tentu saja sebelum pergi semua kebutuhan untuk berbuka sudah tersedia di rumah," kata Sanung.

Sedangkan di Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, sejumlah warga ngabuburit di daerah Plangon. Di sini terdapat obyek wisata monyet. "Di Plangon banyak pohon-pohon besar sehingga tempatnya rindang dan teduh," kata Ugi, 20, warga setempat.

Karena itu, Ugi pun seringkali menunggu waktu berbuka puasa bersama teman-temannya di tempat wisata itu. "Tidak perlu sampai masuk, cukup duduk-duduk saja di pinggir jalan yang juga banyak pohon-pohon besar," katanya. (sumber)

0 comments:

Post a Comment

 
Cirebon Post.Com Copyright © 2010